TEKNIK DALAM KECAPI TEMBANG SUNDA CIANJURAN


TEKNIKDALAM KECAPI TEMBANG SUNDA CIANJURAN
Abstrak
Karya tulis ini diberijudul tentang Teknik memainkan kecapi tembang Sunda cianjuran. penulis sengaja mengambil tulisan tentang teknik memainkan karena melihat dari pengalaman penulis sendiri sebagai seorang juru tembang yang merasakan adanya perbedaan dalam teknik permainan kecapi tembang Sunda cianjuran sehingga mengetuk hati penulis untuk mengetahui lebih dalam dari teknik penulisan kecapi tembang Sunda cianjuran.
PENDAHULUAN


Kecapi indung merupakan alat musik yang di pergunakan untuk mengiringi vokal tembang Sunda cianjuran. peranan kecapi indung sangat besar, yang berfungsi sebagai penuntun lagu, sebagai pemberi aba-aba masuknya lagu, dan penuntun irama lagu.
Dalam penyajian tembang Sunda cianjuran, kecapi indubg merupakan instrumen yang sangat dominant dan biasa di mainkan sebelum vokal tembang di bawakan. Dalam konteks pembawaan tembang Sunda cianjuran, kecapi indung di anggap sebagai instrumen pokok yang sangat penting kehadirannya.
Dalam teknik permainan kecapi indung di kenal tiga jenis tabuhan yaitu, tabuhan pasieupan, kemprangan dan kait. Tabuhan pasieupan biasanya di gunakan untuk mengiringi lagu-lagu wanda rarancagan, dedegungan, dan kakawen. Sedangkan teknik tabuhan kemprangan di gunakan untuk mengiringi lagu-lagu wanda papantunan dan jejemplangan, teknik tabuhan kait di gunakan untuk mengiringi lagu-lagu wanda panambih, dari ketiga teknik tabuhan tersebut memiliki cara dan system yang berbeda.



Isi

Kecapi indung dalam tembang Sunda cianjuran tidak hanya berfungsi sebagai pengiring vokal, tetapi juga memiliki makna tertentu sebagai tanda komunikasi bagi para penembang, mulai awal permainan hingga mengakhiri lagu, tabuhan kecapi indung sangat dominan sehingga peranan kecapi tersebut boleh di katakan sebagai sopir yang mengendalikan berlangsungnya seluruh penyajian tembang sunda cianjuran.
Sebelum instrumen lainnya berperan, kecapi indung senantiasa dimainkan pada bagian awal atau bubuka. Tabuhan bubuka yang dimainkan oleh kecapi indung biasanya berupa tabuhan pangkat atau tabuhan narantang. Tabuhan pangkat biasanya digunakan pada lagu bubuka dan lagu – lagu panambih, sedangkan tabuhan narantang biasanya digunakan hampir pada seluruh wanda lagu (papantunan, jejemplangan, rarancagan, dedegungan, dan kakawen) sebagai awal pemainan sebelum masuk suling dan vokal. Fungsi tabuhan pangkat yaitu sebagai tanda atau memberi aba – aba kepada pemain instrumen lainya untuk segera memulai penyajian lagu. Sedangkan fungsi tabuhan narantang yaitu selain memberikan ketetapan tentang sekitar wilayah nada yang akan dimainkan dalam lagu tersebut, juga memberikan endapan rasa musikal kepada penembang mengenai kejelasan nada dasar agar tidak terjadi perbedaan nada dasar antara pirigan dan tembangnya.
·        Contoh Tabuhan pangkat
1.     0  22  33 22  34 5.
2.     0  54    3        2
     

Contoh tabuhan narantang

Kiri      .       .       .       .       5        .      5       .       .      .     5        5
Kanan   2     3 2    3 4 5  5    5        5     5       5       3  4         3 4

Kiri                     1           2                      2           2
Kanan    4   5          5   1      4512     2     2    2     2      2      5 

Kiri                                     2           2                          3
Kanan      215    2   5  1          5  1          5123     3      3     3     3

Kiri                         5                      2         
Kanan      3 3 4            4 3 2       2   2    2   5   2 1 5     2

Kiri                 2                        5                            5
Kanan     5  1      5 1 2 3       4       2     3 4 5     5    5       
  
Selain tabuhan pangkayt dan narangtang, ada juga yang di sebut dengan tabuhan gelenyu. Tabuhan gelenyu adalah bagian komposisi iringan lagu yang berfungsi sebagai tanda dan jenis lagu itu sendiri ataupun sebagai tanda bagi judul lagunya itu sendiri umumnya berada pada gelenyu yang berfungsi sebagai tanda istirahat sejenak bagi penembang umumnya ada pada gelenyu panambih.
Contoh gelenyu pada lagu mamaos
Kiri     0 5   0 5   0 5    0 5   0 5    0 5     0 5     0 5    0 5     0 5
Kanan  2.1   5 4  3234   5    2121   5 4  3234   5    22.2     33.3
Kiri       0 5      0 5    0 5     0 5    0 5     0 5    0 5    0 5   0 5     0 5
Kanan    22 34  5     22.2    33.3    2234  5  1 5    22.2   33.3  234  5
    
Contoh gelenyu pada lagu panambih
   T   j.teng             0   0     0        0       3   . 3      0         3       2
   Ki  ibu ja                     0   0    .5.5     .5.5    0   0      .5.5      0 5     0
   T  j. telunj              2       5         2          3         2        5         2     0
    Ka ibu ja               0 2       0 2       0 2      0 2      0 2     0 2     0  2   0

Selain tabuhan gelenyu, ada juga yang di sebut dengan tabuhan nunggu dan tabuhan madakeun. Tabuhan nunggu adalah teknik tabuhan yang di mainkan secara berulang-ulang dalam satu nada yang tetap dan diikuti oleh nada oktafnya.

Contoh tabuhan nunggu
 Kiri      0  2    0     2
 Kanan   2  2    2    2

Kiri         0    5    0    5
Kanan      5    5    5   5

Contoh tabuhan madakeun
T     j teng    0    0    0    0     0       0       3      1  
Ki    ibu ja     5   5   5   5 5   5 5   .5 .5     0 5 
T     telunjk             2      5    2     5      2    5    2      1
Ka   ibu ja       0 2   0 2   0 2  0 2  0 2  0 2  0 2  0 2  0 5


T   j teng    0      1     0    1         0       1      0  1        5 
Ki   ibu ja   0 3   0    3    0 3    0 3   0    .3 .3   0  3
T  j teljk      5     3     5       3       5     3      5   
Ka ibu ja     0 5  0 5   0 5   0 5   0 5   0 5   0 5  0

Selain contoh tabuhan dalam kecapi tembang, terdapat juga teknik memainkan kecapi tembang, dimana untuk menghasilkan permainan kecapi yang baik biasanya selalu di tunjang oleh tekik-teknik tertentu, sehingga dapat menghasilkan bunyi yang bersih, jelas dan enak di dengar.
Adapun teknik memainkan kecapi tembang Sunda cianjuran yang baik adalah :
1.     Ibu jari dan jari telunjuk kiri tidak boleh memiliki kuku yang panjang
2.     Ibu jari dan jari telunjuk kanan harus memiliki kuku, tetapi tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
3.     Cara menekukan jari  telunjuk kanan tidak boleh sambil ditekan bagian belakangnya oleh ibu jari.
4.     Posisi jari telunjuk kiri harus dalam keadaan lurus tertunduk ke bawah.
 Kecapi tembang Sunda cianjuran memiliki karakter halus dan melankolis, karena cara memainkannya perlu ketenangan dan penghayatan.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa dalam pirigan kecapi tembang sunda terdapat beberapa bagian seperti bubuka dan dan narantang. Dan kedua istilah itupun memiliki bagian – bagian sendiri untuk lagu yang dibawakan seprti pada lagu panambih dan pangkat biasanya didalam bubuka.

DAFTAR PUSTAKA
Heri Herdini Komunikasi non verbal melalui tanda-tanda musikal dalam penyajian tembang Sunda cianjuran. Jurnal seni panggung STSI Bandung, 2000 .
Heri Herdini Metode pembelajaran kecap indung dalam tembang sunda cianjuran. STSI Press Bandung 2003.


0 comments: