budaya sunda: Pupuh Sunda dalam Perkembangannya

  • Posted by Miranda
  • at Friday, April 16, 2010 -
  • 0 comments
A. Pendahuluan
seni pupuh merupakan gabungan seni sastra dan lagu sunda yang saat ini berjumlah 17 jenis pupuh. menurut informasi dari artikel yang di tulis oleh Heri Herdini salah seorang dosen Karawitan STSI bandung, bahwa seni pupuh Sunda pada abad 17-18 masehi mendapat pengaruh dari Mataram. oleh karena itu mataram memiliki otoritas politik di daerah Priangan, terlepasbenar atau salah data tersebut namun pengaruh budaya ataram telah memberikan warna terhadap seni budaya Sunda, Khususnya seni pupuh Sunda.
menurut beberapa informasi sejarah,
pada saat itu seni pupuh banyak digunakan di kalangan tertentu dalam hal ini kaum elit Sunda. pad zaman kolonial seni pupuh digunakan sebagai alat surat menyurat,pdato para kaum menak namun sesui dengan beriringnya zaman atas para kreator seniman Sunda seni pupuh dikembangkan ke beberapa jenis kesenian tradisi Sunda.misalnya Cianjuran, Cigawiran, ciawian, wawacan, Gending Karesmen, dan lain-lain. walaupun pupuh Sunda memiliki pengaruh dari mataram tetapi dari segi musikalitasnya dalam hal ini lagu sangat berbeda dengan tembang di Jawa.
B. Perkembangan pupuh Sunda
1. Dalam Bentuk Cianjuran
Cianjuran atau asal istilahnya seni mamaos, merupakan salah satu seni Sunda yang berasal dari Cianjur. Salah satu bentuk pupuh yang digunakan dalam lagam cianjuran ini misalnya dalam pupuh dangdanggula :
Wus anglirik satukebing langit
Sampun ngaran, rat miring buana
Siluman sileman kabeh
Dasaring samudra gung
Boten Wonten ingkang linuwih
Kangkaya ing sangnetra
Kusumaning ayu
Mapan ningal niting alam bumi gonjing
Isinen tan anan keri
Mung paduka ing netra
Ini merupakan salahsatu bukti bahwa pupuh sunda bias diterima oleh orang-orang tembang.
2. Dalam Bentuk Ciawian
Ciawian merupakan salah satu kesenian Sunda yang berasal dari Ciawi Tasik Malaya. Bentuk ciawian hanya dbawakan oleh vikal saja lagu-lagunya pun umumnya dalam laras salendro tetapi untuk pola syair menggunakan pola pupuh salah satunya dalam pola pupuh kinanti lagam ciawian sebagai berikut:
Kunur diawur ku kunur,
Duit diaur kuduit
Beas di awur ku beas
Cai I awur ku cai
Wadah ninggang ka parancah
Kitu nurutkeun talari
3. Dalam Bentuk Cigawiran
Cigawiran adalah salah satu jenis seni suara sunda dalam bentuk tembang. Kesenian ini lahir di daerah Cigawir Garut. Yang merupakan lahir dari daerah pesantren Cigawir. Yang memiliki fungsi untuk pembelajaran agama, banyak menggunakan laras pelog, madenda, dan salendro, pola sastranya menggunakan pupuh misalnya dalam lagu Cigawiran rumpaka pupuh dangdanggula:
Ku ihktiar reujeung ku pamilih
Kaduana mikiran akherat
Supaya ula ka bendon
Ku jalma doraka luput
Sabab bontongor teu nguping,
Katimbalan Pangeran
Dawuh Kanjeng Rosul
Ari saratna ikhtiar
Keur nyingkahan mamala lahir jeung batin
Supaya meunang waluya

4. Dalam Bentuk Pupuh Kreasi
Perkembangan yang paling terbaru yaitu pupuh kreasi hasil karya dosen Karawitan STSI Bandung H. Yusuf Wiradiredja,S.Kar. M.Hum yang sering di sapa Yus Wiradiredja ini, merupakan perkembangan yang berbeda dari Cianjuran, Cigawiran dan Ciawian. Bedanya pupuh kreasi karya Yus Wiradiredja ini, lebing mengolah dari musik pengiringnya sehingga membuat nuansa baru tanpa merubah lagam dari pupuh itu sendiri, sedangkan kalau ciawian,cigawiran dan cianjuran merubah lagam dan yang digunakan hanyalah pola syair saja.


Pupuh kreasi ini bedanya dengan pupuh yang umum yaitu pada pupuh kreasi alat musik yang digunakan lebih banyak diantaranya kecapi, kendang, dan instrumn-instrumen sendiri hasil modifkasi Yus Wiradiredja sehingga menciptakan suasana yang lain sedangkan pupuh biasanya tanpa iringan atau hanya mengguakan kecapi saja.
Dari segi rumpaka untuk pupuh buhun dan pupuh kreasi sama persis hanya di pupuh kreasi ada penambahan contohnya dalam pupuh balakbak untuk pupuh buhun
Aya warung sisi jalan
Rame pisan citameng
Awewena luas luis
Geulis pisan ngagoreng
Lalakina lalakina
Los kapipir nyoo monyet nyangeret



Sedangkan untuk pupuh kreasi karya Yus Wiradiredja ada yang ditambang contohnya
Aya warung sisijalan
Rame pisan kunu jajan
Tihothatnu ngaladangan
Nu jarajan sungkansungkan

Aya warung sisi jalan rame pisan
Awewena luas luis geulis pisan la
Lalakina-lalakina
Los kapipir nyoo monyet nyangeret

Aya warung sisi jalan
Rame pisan citameng
Awewena luas luis
Geulis pisan ngagoreng
Lalakina lalakina
Los kapipir nyoo monyet nyangeret

Jenis-jenis kesenian di atas merupakan bukti adanya perkembangan terhadap pupuh sehingga pupuh dapat hidup sampai sekarang, apalagi dengan adanya pupuh kreasi hasil karya cipta yus wiradiredja dapat mempermudah untuk anak belajar pupuh Sunda, sehingga pupuh kreasi hasil kaya Yus Wiradiredja sejak tahun 2008 samapai tahun 2009 digunakan oleh Balai Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah Dinas Pendidikan Jawa Barat sebagai materi pasanggiri dan Apresiasi Bahasa Sastra dan Seni daerah, yang di berinama Pasanggiri Pupuh Kreasi yang mudah-mudahan tahun ini dapat di perlombakan kembali.

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: