Sumedang Puseur Budaya Sunda

  • Posted by Miranda
  • at Friday, November 05, 2010 -
  • 0 comments
Sumedang merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat, yang memiliki slogan Sumedang Tandang Nyandang Kahayang, Sumedang memiliki berbagai hal yang dapat dijual atau diperlihatkan dalam budaya, beberapa hal yang tepat ketika dikatakan sumedang sebagai puser budaya sunda yaitu:
1 karena mahkota binokasih yang merupakan mahkota kerajaan sunda berada di sumedang atau dalam istilah lain,sumedang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Sunda sehingga pantas dikatakan bahwa sumedang menjadi puseur budaya Sunda.
2.karena sumedang merupakan daerah yang masih menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa sehari2 berbeda dengan daerah lain yang menggunakan bahasa Indonesia, yang paling terlihat yaitu dari para pelajar umumnya para pelajar sumedang berkomunikasi dengan bahasa sunda sedangkan para pelajar di daerah lain jarang s.ekali menggunakan bahasa sunda.
3. Karena sumedang merupakan daerah yang memiliki budaya yang beraneka ragam, seperti upacara dalam bercocok tanam yang melahirkan sebuah seni tarawangsa,dari upacara sunatan lahir kesenian dog-dog, kuda renggong dan masih banyak yang lain, serta dari segi budaya yang lainnya seperti goong renteng, tari umbul, tayuban, bangreng dan yang lain.
4. karena sumedang melahirkan tokoh-tokoh dalam budaya sunda seperti Alm. Saleh Danasasmita, Alm. Makmur Danasasmita, Prof. Saini Kosim,Alm Rd Angga Kusumadinata,dan para tokoh lainnya.selain itu juga banyaknya tokoh muda yang lahir dari sumedang seperti Lili Suparli S.Kar,M.Hum, Asep Zatnika S.Sen.M.Hum ,Dindin,dan banyak yang lain nya yang mengembangkan budaya Sunda.

tetapi ada beberapa permasalahan yang timbul ketika sumedang menjadi puserbudaya sunda diantaranya
1. kurang adanya perhatian terhadap budaya-budaya yang ada di sumedang sehingga hilangnya regenerasi akibat pemerintah kurang memperdulikan budaya yang ada
2. banyaknya tokoh-tokoh atau seniman sunda yang mengembangkan budaya sunda di tempat yang lain karena akibat dari perhatian pemerintah daerah yang kurang atau karena di anggap sepele seperti kenapa saini km memilih di bandung dari pada sumedang?kenapa Alm saleh danasasmita memilih di bogor daripada di sumedang?hal ini yang dirasakan para seniman yang lainketika melihat kota sumedang

sehingga kesimpulannya karena kurangnya sentuhan pemerintah kepada pada masyarakat dan seniman, seperti disbudpar bertugas untuk melestarikan budaya yang ada, bukan malah kegiatan yang harus dilakukan oleh masyarakat tertentu tetapi dilakukan oleh disbudpar sehingga kelihatan dari luar bagus banyak pertunjukan keluar tetapi masyarakatnya sendiri semakin sedikit untuk melestarikan budaya karena sedikitnya informasi. jadi mulailah dari sekarang bulatkan tekad kita untuk menjadikan sumedang puseur budaya sunda dengan gotong royong dan saling dorong antara pemerintah dan masyarakat sehingga sumedang sebagai puseur budaya sunda bisa benar-benar terwujud dengan cepat dan bisa benar-benar membuktikan kepada masyarakat sumedang dan masyarakat dunia bahwa Sumedang merupakan Puseur Budaya Sunda
bahasa inggris

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: